Tuesday, April 17, 2012

Oprek Dikit Di Windows 7




Kebanyakan orang yang tidak peduli dengan laptop / PC yang mereka gunakan. Salah satu ny dengan menginstal banyak aplikasi/software yang tidak perlu sampai-sampai membuat kinerja laptop bertambah dan berat. Jika ini dibiarkan terus menerus,laptop/PC kita akan cepat rusak. Mengapa demikian,,?? Yang pertama jika kita terlalu banyak menginstal aplikasi/software yg tidak perlu,otomatis kinerja Ram dan hardisk meningkat yang menyebabkan laptop lemot / hang. Ini sering ditemukan pada OS Windows 7.
Disini saya akan memberikan beberapa tips menjaga laptop kita tetap awet, panjang umur, tidak lemot/hang, dan stabil.

1.   Instal software yang sering digunakan.
Ada baiknya kita menginstal software yang perlu-perlu saja n yang paling sering digunakan. Jika kita menginstal suatu software untuk mengerjakan sesuatu, ada baiknya meRemove atau Uninstal aplikasi yang sudah tidak digunakan itu. Karena walaupun software tersebut tidak digunakan, registry dan system software tersebut selalu berjalan (walaupun tidak semua system software yang slalu standby). Jadi buat apa disimpan, lebih baik di Remove atau Uninstal kan.

Saya recomendasikan software yang saya gunakan.
a.       Microsoft Office 2007   (Software untuk mengetik)
b.      Kaspersky Anti Virus 2012 (Software anti virus yang menurut saya paling baik)
c.       AIMP 2 (Software Buat denger Mp3 yang tampilannya paling keren)
d.      Ccleaner (Software untuk clean n membersihkan registry/spam)
e.      VLC (Software untuk menonton Film)
f.        Google Chrome (Software Browsing paling stabil n cepet)
g.       Internet Download Manager /IDM  (Software file sharing/download paling cepet)
h.      Picasa  (Software untuk melihat foto)
i.         Smart Defrag 2 (Software mendefrag system, sebaiknya digunakan 2 minggu sekali)
j.        Winrar (Software untuk membuka file yang ber-format .RAR)
k.       Dan lain-lain.

2.  Pilih Software Portable
Mengapa saya menganjurkan memilih software yang Portable? Karena software portable lebih ringan dan setelah tidak digunakan, systemny tidak akan berjalan.

3. Aktifkan Double processors saat boot dan mematikan system Run pada saat laptop dihidupkan.

a.       Aktifkan Double Boot saat startup
Dengan cara mengaktifkan Double Boot, pada saat laptop kita hidupkan akan lebih cepat. Caranya ikuti langkah di bawah ini.
Langkah pertama
Dengan cara mengklik tanda microsoft. Setelah muncul pada keyword search ketik “msconfig”.
Atau dengan menekan shortcut tanda microsoft atau home pada keyboard lalu menekan huruf “R”. Setelah muncul ketik “msconfig”


Nanti akan mengarahkan kegambar dibawah ini. Dan setelah muncul gambar seperti dibawah, klik tab “Boot”.

Jika sudah pada tab Boot, klik “Advance Option..”, fungsinya untuk memilih pengaturan berapa prosesor yang akan digunakan pada saat booting. Lalu centang kolom Number of processors, kemudian pilih nomor 2. Dan OK
(Note : Jika pilihannya ada 4, pilih no 4. Biasanya ini terdapat di laptop yang spekny Core 2 Duo).





b.   Mematikan system run pada software yang tidak penting.

Cara ini agar pada saat kita menyalahkan laptop tidak lemot. Jika semua system run aplikasi di centang, ini akan menyebabkan system berjalan dengan bersamaan pada saat laptop hidup dan akibatnya laptop kita akan lemot di awal. Berikut langkah-langkahnya..
Masih didalam folder yang tadi, pilih tab “Startup”. Disini anda jangan menghilangkan semua tanda centang, jika demikian maka laptop anda tidak akan berjalan. Karena didalam ini bukan hanya pilihan system runing pada software aja, tapi pada system 32 pun ada disini. Sebaiknya anda memperhatikan keterangan pada colom Comandnya. Jika keterangan pada colom Commandny, sebaiknya biarkan saja.
Biasanya saya menghilangkan centang pada software seperti Adobe reader, IDM, atau aplikasi lain yang tidak seharusnya dijalankan.
Note : perhatikan kolom Comandny, hilangkan run pada software yang comanndny Program file saja.tetapi jangan semua. Jika anda tidak mengenal software itu, sebaiknya biarkan saja.

Setelah itu apply atau ok.jika ada notifikasi minta restart, pilih restart now. 


Ada baiknya laptop anda diDefrag 2 minggu sekali menggunakan software bawaan windows atau hasil download. Jika anda ingin laptop anda awet atau tidak lemot, saya sarankan anda mengikuti cara-cara seperti diatas., Insya Allah laptop anda akan baik2 saja n stabil. Menurut saya, Windows 7 ini adalah OS yang tidak sempurna dan sering sekali saya menemukan masalah pada laptop temen2 saya. Makanya tak lama dari kemuncullan Windows 7 ini, sekarang sudah diluncurkan Windows 8. Mungkin Windows 8 ini penyempurnaan dari windos 7 yang menurut saya kurang sempurna. Saya sendiri lebih menyukai OS Windows Xp, karena dulu selama saya menggunakan Windows XP tidak ada masalah apa-apa.hehe... Untuk saat ini, tak ada yang mengalahkan kehebatan Machintos OS buatan Apple inc. Karena selain Kestabilan dari Os lebih unggul,tampilan nya pun lebih ok. Untuk kecanggihan teknologinya pun boleh di adu. Untuk Os ini tentunya hanya bisa dipasang di Brand Apple seperti MacBook, MacBook Air, PowerBook and lain2. J

















Cukup sekian, Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekurangan..hehe...



No comments:

Post a Comment